Blogger Jateng

Pengalaman : Jangan Menolak Saat Terima Kembalian Berupa Uang Receh


Yang namanya sebuah pengalaman, paling seru memang harus dibagikan. Maka daripada itulah saya mencoba menuliskan pengalaman saya dan semoga saja ada manfaatnya.

Yang namanya uang tentu kita akan mencarinya dalam jumlah yang banyak dan  tentunya dengan nilai nominal pun  besar.

Namun, seperti kata pepatah sesuatu yang besar terbentuk dari beberapa bagian yang kecil.

Kalau diibaratkan seperti sebuah tembok besar tentu terdiri dari beberapa biji batu bata atau batako di dalamnya.

Ketika bagian tembok tersebut mulai rapuh bahkan mungkin terlepas satu demi satu, maka bisa dipastikan, tembok tersebut tidak akan berdiri kokoh seperti semula.

Demikian pula dengan uang, sekecil apapun nilainya tetap kita terima dengan senang hati. Bahkan uang dengan nominal kecil pun jika dikumpulkan, maka lama-kelamaan akan berjumlah banyak. Hem.... siapa yang tidak senang memiliki uang banyak.


Akan tetapi terkadang beberapa dari kita ada yang enggan memperoleh pembayaran atau kembalian berupa uang kecil / receh. Mungkin mereka malu karena uang receh identik dengan kaum papa.

Padahal dalam uang yang besar terdapat uang receh dan uang receh dapat membatu kita dalam keadaan atau situasi tertentu.


Berikut ini akan saya bagikan pengalaman saya tentang manfaat besar uang receh yang membantu kita menjadi orang-orang yang baik, sehingga jangan remehkan uang receh yang anda peroleh dari pembayaran jualan anda atau kembalian ketika anda berbelanja.

1. Uang receh membantuku menolong orang lain

Pernahkah anda ketika akan membayar diperlukan uang pas atau melakukan pengembalian uang pas? Nah saya pun pernah mengalaminya, kala itu ada seorang teman yang akan melakukan pembayaran di berupa tranfer via bank.

Pada waktu itu nominal pecahan paling kecil dari uang yang harus ditransfer adalah  6 ratus rupiah. Ia pun bingung mencari uang lima ratusan dan seratus rupiah.

Entah dia karena pelit atau gimana saya juga tidak tahu, padahal perasaan dia memiliki uang seribuan. Sebagai orang yang berniat baik, saya pun menawarkan diri untuk membantunya. Kebetulan ada uang receh di dompet, kembalian dari belanja di supermarket kemarin.

Hasilnya, teman saya itu pun terbantu dan ia mengucapkan terimakasih. Senang sekali rasanya bisa membantu teman tersebut.


2. Uang receh membatu kita melaksanakan kewajiban


Pernah punya pengalaman kucing-kucingan dengan petugas parkir?

Jika pernah mungkin yang anda takuti adalah membayar pajak parkir seribu rupiah untuk kendaraan roda dua. Namun, masih saja ada orang yang ingin kabur begitu saja. Padahal di sakunya ada uang lima ribuan.

Kebiasaan orang kan seperti itu, ketika tidak membawa uang kecil maka terpaksa membayar dengan uang besar. Kadang petugas parkir tidak punya uang kecil untuk kembalian. Dengan berat hati mereka pun menggratiskan parkir kita.

Apakah anda pernah seperti itu? Kadang ada rasa malu dihati. Jika anda tidak ingin malu, maka saat memiliki uang receh, simpen saja dengan baik uang itu dalam dompet anda.

Karena siapa tahu suatu saat nanti, uang itu menjadikan anda taat melakukan kewajiban anda membayar pajak retrebusi parkir.

Jadi jangan malu ketika memperoleh kembalian uang receh. Terima saja karena semua itu akan menjadi bermanfaat bagi anda dilain waktu nanti.

3. Uang receh membelajarkan kita hidup hemat


Berbalanja di kampung tentu berbeda dengan di perkotaan. Di kampung harga beberapa jenis makanan lebih murah.

Karena di kampung harga-harga relatif murah, jadi ketika kita belanja dengan uang besar, pedagang jadi kalang kabut untuk mencari kembaliannya. Apalagi warung tersebut baru buka dan belum dapar jualan.

Nah, jika berada di tempat seperti ini maka uang kecil akan sangat bermanfaat. Anda akan mudah berbelanja dan tidak bikin orang lain susah.


Kesimpulan :


Jadi uang receh memang kadang agak ribet dalam membawanya apalagi dalam jumlah yang besar. Akan tetapi dibalik kecilnya uang receh, ada banyak cerita yang bisa kita alami dengan uang receh.




Mulai dari bisa membayar tarif parkir sepeda motor, karena kebetulan bawa uang kecil dan masih banyak lagi cerita dengan uang receh.

Intinya jangan menganggap remeh hal yang kecil, karena siapa tahu nanti yang kecil itu malah akan membantu dan menolong anda.

Wasalam !

Posting Komentar untuk "Pengalaman : Jangan Menolak Saat Terima Kembalian Berupa Uang Receh"