Blogger Jateng

Menulis Artikel di Fanspage Tidak Kalah Serunya dengan Blog

Menulis memang merupakan salah satu hobi yang paling saya sukai.
Dan saya sadari dalam menulis memang saya belum mahir seperti para penulis ulung lainnya. Baik sebagai penulis buku maupun hanya sekedar menulis di blog.

Menjadi penulis buku dengan penulis blog memang sedikit berbeda bagi  saya. Menulis buku dibutuhkan berbagai pengetahuan dalam mematuhi sebuah rambu-rambu dalam menulis.

Berbeda dengan menulis di blog. Aturan penulisan baik bahasa baku maupun tidak bagu tidak terlalu diperhatikan. Anda diberikan kebebasan dalam menulis.

Apapun yang ada di benak anda, silahkan jadikan sebagai sebuah tulisan.

Meskipun media menulis tersebut sedikit berbeda namun semua bisa diterbitkan, dan yang paling mudah diterbitkan adalah menulis melalui blog. Tinggal tulis kemudian anda publikasikan ke internet.

Dibalik semua perbedaan menjadi penulis buku dengan blog, semuanya  itu dibutuhkan adanya kejujuran dan tanggung jawab dari apa yang ditulis oleh penulis tersebut.

Media menulis tidak hanya menggunakan blog  saja. Menulis sebuah artikel melalui media sosial seperti facebook tidak kalah serunya.  Kalau saya pribadi sering menggunakan fanspage di facebook untuk menggantikan menulis melalui blog.

Memang cakupan menulis di fanspage FB tidak sama dengan blog. Apalagi jika fanspage tersebut tidak memiliki jumlah pengikut yang mencapai ribuan. Akan tetapi pengalaman saya dengan jumlah pengikut yang hanya delapan ratusan, malah sangat aktif sekali.

Mereka membagikan setiap tulisan yang dibuat dengan sukarela, bahkan memberikan komentar sangat aktif. Senang sekali rasanya melihat interaksi yang aktif bersama mereka setiap harinya.

Kemudahan lainnya yang saya rasakan lagi dalam menulis artikel pada fanspage facebook adalah suasana yang sedikit berbeda pada dasborad blog dengan fanspage. Karena suasana berbeda inilah jadi menambah citarasa dalam menulis.

Bahkan yang paling menarik dari fanspage yang saya buat tersebut setiap harinya selalu datang pengikut baru antara 1 hingga 2 orang. Padahal selama ini saya tidak pernah mengundang atau pun menggunakan jasa pengiklan dari facebook.

Hanya bermodalkan tulisan yang ringan dan mungkin bermanfaat bagi para pembaca, jadi mereka begitu tertarik dengan apa yang saya sajikan. Ibarat sebuah jualan, mungkin apa yang saya jual dirasa enak, pas atau sesuai dengan apa yang mereka butuhkan sehingga mereka bisa tertarik untuk menggunakannya.

Nah, jika anda hobi menulis mungkin membuat fanspage facebook bisa menjadi salah satu pilihan lain sebagai media membagikan tulisan online anda.

Saya pun sudah menggunakannya dan semoga saja jumlah pengikut akan terus bertambah setiap harinya, seiring berjalannya waktu.

Demikian sobat artikel kali ini semoga ada manfaatnya juga, wasalam !

1 komentar untuk "Menulis Artikel di Fanspage Tidak Kalah Serunya dengan Blog"

  1. Saya jarang nulis di fasnpage.. sudah nggak punya waktu .. hehehehehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dan Saya Akan Berkunjung tanpa sepengetahuan atau dengan pemberitahuan