Blogger Jateng

Smartphone Tidak Hanya Alat Komunikasi Saja

Smartphone kini menjadi barang yang paling sering tidak boleh ketinggalan. Bila alat ini tidak dibawa, rasanya ada yang kurang lengkap. Bahkan mau ngapa-ngapain tidak bisa. Ketika sedang duduk sambil menunggu seseorang atau giliran, jadi serasa makin lama jika alat ini tidak dibawa.

Bahkan orang tua kekinian juga menggunakan alat ini untuk menenangkan buah hatinya. Ponakan saya, yang masih belum tamat PAUD selalu bermain menggunakan alat ini. Mainannya tentu bukan mainan petak umpet. Yah...seperti mainan online pada umumnya yang bisa diunduh melalui playstore.

Karena keseringan main HP milik orang tua, anak jadi kecanduan akan gadget tersebut. Mereka kehilangan dunianya. Bermain bersama teman dan bersentuhan dengan alam dan lingkungan jadi makin kurang. Dikit-dikit selalu minta smartphone. Bahkan kini sudah ingin memiliki tablet sendiri.

Karena kemajuan teknologi alat komunikasi tersebut kini sudah tidak lagi hanya sekedar alat komunikasi. Berbagai hiburan bisa dilihat melalui alat itu. Berbagai macam film tersiar melalui koneksi internet. Bahkan ponakan saya tersebut lebih sering menonton tayangan hiburan dari smartphone. Yah...pastinya orang tuanya tahu mana tontonan yang pas buat anaknya.

Semoga saja.

Gambar ilustrasi; pixabay.com

Jadi orang tua kini harus lebih bijaksana. Anak bisa diperkenalkan dengan teknologi namun tetap didampingi serta diawasi. Jangan sampai anak kita malah lupa akan dunia nyata dan malah asik akan dunia dalam gadget.

Jika alat tersebut difungsikan dengan benar, banyak faedah yang kita dapatkan. Kita bisa mencari informasi yang bermanfaat bagi anak. Tontonan yang sesuai dengan usia mereka. Serta menjadikan alat tersebut sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan kita. 

Jika anak anda rewel dan ingin mainan, jajangan deh membiasakan memberikan smartphone agar anak tenang dan tidak rewel. Masih banyak mainan yang bisa diberikan kepada anak. Berikan mainan yang mampu memgasah perkembangan motorik anak dan kognitifnya. Karena smartphone sejatinya bukanlah mainan bagi anak. Kita sebagai orang tua mesti bijak akan hal tersebut.

Seiring bertambahnya usia anak, disana kita perkenalkan tentang alat komunikasi tersebut. Bagaimana fungsi alat tersebut serta bagaimana menggunakannya dengan bijak.


Mari kita bersama-sama menjadi orang tua yang bijaksana.

Posting Komentar untuk "Smartphone Tidak Hanya Alat Komunikasi Saja"