Blogger Jateng

Pertimbangan Ketika akan Membeli kamera atau Camcorder


Sebagai seorang blogger, untuk menunjang aktivitas blogging saya hanya memerlukan laptop atau hp dan koneksi jaringan internet. Selama ini saya mengisi artikel di blog Nangkring Mania lebih banyak menggunakan smartphone atau hp. Alasannya karena mudah untuk melakukannya. Kapan pun dan dimanapun ide menulis saya muncul, maka tanpa pikir panjang langsung saya up untuk menjadi sebuah artikel.

Koneksi jaringan internet sangat perlu karena tanpa itu, jelas saya tidak bisa mempublish tulisan saya.
Namun akhir-akhir ini muncul kebimbangan dalam diri saya untuk mengepakkan sayap hobi pada dunia perfilman. Meskipun tergolong amatir saya ingin sekali membuat film pendek dengan tema dokumentari. 

Tentu saja saja untuk menunjang hobi tersebut dibutuhkan perangkat yang memadai. Ya... Apalagi kalau bukan kamera. 

Sekarang ini smartphone sebenarnya sudah munpuni untuk dijadikan sebagai alat untuk membuat video blog (vlog)  bahkan kualitasnya pun tidak kalah dengan beberapa jenis kamera lainnya. Namun hal itu kembali lagi ke kita pribadi. Jika dirasa memang belum memuaskan, maka tentu anda menginginkan alat yang lebih hebat lagi.

Hal tersebutlah yang saya rasakan beberapa minggu ini. Ada rasa ingin membuat konten-konten menarik dari sebuah video. Sensasi kesenangannya terletak dari proses hingga penayangannya di jejaring sosial.

Pikiran pun ingin membeli sebuah kamera dengan buget yang pas-pasan. Akan tetapi setelah saya pikir-pikir kemampuan untuk menggunakan alat-alat tersebut masih belum mumpuni. Sehingga terpikir dibenak saya untuk memikirkan kembali dengan pertimbangan sebagai berikut :
Sebagai YouTuber pemula, sebaiknya menggunakan alat-alat yang sederhana dulu. Seiring berjalannya waktu, kita akan belajar dan setalah memahami barulah kita menggunakan bahan yang mumpuni. 

Jika memang keinginan anda begitu besar untuk memiliki peralatan kamera atau camcorder untuk menunjang aktivtas vlog anda, maka kamera dslr atau camcorder menjadi pilihan anda.
Memang sekarang ini, video dari smartphone tidak kalah dengan kualitas camcorder. Kini video dari smartphone juga sudah ada yang berkualitas HD. 

Sebagai vloger pemula kita sring memikirkan peralatan dan kualitas video. Padahal sejatinya, untuk menunjang kualitas video anda tidak semata-mata ada pada kualitas camcordernya saja. Konten yang akan anda usung pun menjadi sebuah bahan yang harus dipertimbangkan pula. 

Membeli camcorder tentunya membuat kita mengeluarkan biaya. Padahal hanya bermodal smartphone pun sudah bisa membuat video. Memang kalah fokusnya jika dibandingkan dengan camcorder. Meskipun demikian untuk membuat daily vlog kamera hp sudah pas digunakan.
Saya jadi tambah bingung mau pakai camcorder atau memakai hp untuk membuat video blog.

Posting Komentar untuk "Pertimbangan Ketika akan Membeli kamera atau Camcorder"