Blogger Jateng

Jangan Terlalu Berambisi Nanti Malah Menimbulkan Efek Buruk


Hidup ini memang sebuah perjuangan .Tidak ada yang serba instan untuk meraih sebuah cita-cita. Jika ada yang mampu meraihnya dengan mudah, mungkin itu hanya suatu kebetulan saja. Dan bisa juga kesuksesan yang sudah diraihnya hari ini adalah perjuangan keras orang tua mereka sebelumnya.

Semangat untuk mewujudkan apa yang diciptakan membuat kita terlalu berambisi untuk bisa meraihnya. Ketika semua usaha telah dilakukan namun cita belum juga mampu diraih, tidak sedikit orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya .

Jadi sebaiknya kita bersikap biasa saja untuk mewujudkan cita tesebut. Jika Anda terlalu berambisi untuk melakukan itu kemungkinan nanti bisa berakibat buruk.

Berikut ini akibat buruk yang ditimbulkan jika kita terlalu berambisi dalam mewujudkan apa yang dicitakan .

1. Memunculkan perasaan kekecewaan saat menemukan kegagalan 

Jika Anda terlalu berambisi untuk meraih sesuatu tersebut maka kita pun akan berusaha keras untuk mewujudkannya .

Tidak semua rencana kita akan berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Maka ketika semua itu gagal, ada muncul perasaan kecewa dalam hati.

Ini patut di kontrl dengan baik. Karena jika ambisi terlalu tinggi dan tidak sesuai kenyataan disertai emosi yang tidak terkontrol. Tentu keadaan ini akan berakibat buruk bagi kepribadian kita.

2. Terlalu berambisi kadang membuat kita iri melihat keberhasilan orang lain. 

Mungkin tidak semua benar apa yang saya tulis disini. Namun kenyataan di lapangan kerap kita lihat di lingkungan sekitar kita.

Kadang kala diri kita sendiri pun sempat mengalaminya. Maka dari itu kita harus belajar menjadi kesatria dengan menerima apa yang kita miliki dan peroleh hari ini.

Ambisi yang berlebihan akan membuat kita terpuruk ketika mengalami kegagalan. Alangkah bijaknya jika kita menjalani dengan ikhlas dan berserah diri akan hasil yang kita peroleh.

3. Ambisi terlalu tinggi menjadikan kita pribadi yang egois

Setiap orang memiliki rasa egois, namun ada yang bisa dikendalikan dan kurang mampu mengendalikan. Adalah hal yang wajar saja kira akan arti ke egoisan tersebut.

Namun saat kita terlalu ambisi akan hasil untuk memiliki dan meraihnya maka kadang sikap egois rersebut datang tanpa kita sadari.

Nah demikian ulasan singkat saya terkait dengan sikap abisius dalam hidup .Semangat memang dibutuhkan dalam setiap usaha yang kita lakukan. Tetapi ambisi yang berlebihan membuat bisa dibutakan oleh sifat tersebut .Semoga kita senantiasa mawas diri dalam menjalani hidup ini. 

Posting Komentar untuk "Jangan Terlalu Berambisi Nanti Malah Menimbulkan Efek Buruk"