Blogger Jateng

Budayakan Menanam Pohon di Pekarangan Rumah

Gambar : pixabay
Rumahku istanaku begitulah yang kerap kita dengar dari ungkapan yang menyatakan jika rumah sendiri jauh lebih baik dari rumah orang lain. Memang apa yang menjadi milik kita patut kita banggakan, karena sejelek-jeleknya barang yang kita punya tetap salah milik kita. Sebaliknya sebagus-bagusnya barang orang lain, bukan kita yang punya dan kita pun tidak mendapat kesempatan untuk menggunakannya .

Demikian pula dengan rumah. Bagaimanapun kondisinya kalau rumah itu milik kita dan nyaman, maka di sanalah istana kita. Jadi ayo jaga lingkungan kita masing-masing .

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memberikan keindahan sekaligus manfaat yang luar biasa bagi kelangsungan hidup semua makhluk .

Salah satu yang mudah kita lakukan adalah dengan menanam pohon di pekarangan rumah. Penataan halaman rumah dan sekitarnya bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan tenaga khusus yang memang ahli di bidangnya.

Jika Anda tidak memiliki banyak biaya untuk melakukan itu, maka lebih baik Anda lakukan secara mandiri.

Menanam pohon dipekarangan rumah memberikan kesejukan dan keindahan bagi pemilik rumah. Penataan berupa taman akan menambah semarak lingkungan Anda.

Setiap sudut rumah mestinditanami pepohonan. Jangan takut rumah Anda seperti hutan belantara. Dengan penataan yang baik, justru akan membuat lingkungan pekarangan Anda semakin unik.

Pepohonan menyerap karbon dan mengeluarkan oksigen

Tentu Anda masih ingat sewaktu duduk di bangku sekolah dasar. Bahwasannya pohon akan mengeluarkan oksigen pada siang hari sebagai hasil dari foto sintesis yang dilakukan tanaman .

Dengan udara yang kaya oksigen di hidup oleh keluarga di rumah, maka tidak hanya minuman Anda yang jernih dan bening bebas dari segala partikel polisi yang bisa mengancam kesehatan kita secara perlahan.

Oksigen inilah yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Dengan udara sehat maka jiwa pun akan semakin sehat.

Nah, jangan biarkan sudut pekarangan Anda kosong. Anda bisa menanam dengan pohon yang  tidak terlalu besar seperti Cemara, jambu, mangga dan jenis pohon lainnya yang bisa Anda jadikan perundangan sekaligus juga menghasilkan. Contoh tadi seperti pohon jambu atau mangga.

Alih-alih rumah Anda sejuk ketika musim buah mangga, maka Anda pun akan memanen mangga di rumah. Bisa sekalian negerujak di bawah pohon mangga bareng keluarga dan tetangga. Makin seru jadinya sobat .

Jadi marilah selalu memanfaatkan sudut pekarangan dan lingkungan rumah dengan pohon. Lingkungan sejuk, maka Anda pun sehat .Lingkungan yang sehat aman memberikan kesehatan bagi jiwa yang ada disana.

Mari menanam pohon !

2 komentar untuk "Budayakan Menanam Pohon di Pekarangan Rumah"

  1. manfaat yang paling terasa dapat menghalau sinar matahari agar suhu menjadi sedikit lebih sejuk. Tapi repotnya setiap hari mesti menyapu daun-daunnya yang berguguran dan harus menebang ranting atau batang pohon yang terlalu panjang dan tua. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas Satria, panas jadi tidak terasa. Sampah daun nantinya bisa dijadikan pupuk kompos mas,baik bagi tanaman serta harganya murah. Hehehe... Terimakasih atas kunjungannya.

      Hapus

Silakan berkomentar dan Saya Akan Berkunjung tanpa sepengetahuan atau dengan pemberitahuan