Blogger Jateng

6 Keuntungan yang Diperoleh Dari Sebuah Kegagalan


Busett.... Mungkin Anda akan tertawa membaca judul artikel yang saya tulis kali ini. Kegagalan ada ternyata ada untungnya, dimana-mana yang namanya gagal malah bikin sakit hati nangis hingga berguling-guling. 

Yah...seperti kata orang bijak, kita harus melihat segala sesuatu tidak hanya dari kaca mata sempit. Kita harus bisa melihat dari sisi lain tentang suatu kejadian. Termasuk sebuah kegagalan yang kita alami.

Kegagalan memang membuat kita terpuruk dan begitu sedih. Tapi kalau kita mau melihat sisi kegagalan tersebut ada keuntungan yang terselip di dalamnya.

Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh dari sebuah kegagalan.

1. Kegagalan membuat kita mengerti akan kerja keras 
Mungkin Anda pernah belajar naik sepeda waktu kecil dulu. Dimana pada waktu itu, kita pasti pernah mengalami yang namanya jatuh saaat belajar bersepeda.

Kalau ditanya rasanya, saya yakin rasanya menyakitkan. Apalagi jatuh di halaman rumah yang keras.

Kegagalan memang ada rasa menyakitkannya .Akan tetapi jika kita mau melihat sebenarnya kegagalan mengajarkan pada kita bagaimana arti dari sebuah kerja keras untuk mendapatkan hasil yang dinginkan.

Jadi jika saat ini anda sedang mengalami kegagalan, jangan bersedih. Bangkitlah dan bekerja keras lagi yakin semua akan dapat dilalui dengan baik.

2. Kegagalan membuka peluang untuk sukses 
Apakah Anda merasa apa yang saya tulis lebih aneh lagi? Tapi tidak perlu khawatir. Kegagalan memang memberikan kita peluang lebih besar untuk sukses.

Saat apa yang kita rencanakan masih mengalami kegagalan, kita akan berupaya terus mempelajari penyebab kegagalan tersebut dan tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Intinya belajar dari sebuah pengalaman. 

3.Kegagalan mampu melatih kita untuk lebih mandiri lagi
Saat kita mengalami kegagalan tentu akan berusaha memperbaiki setiap keslaahan yangsus kita lakukan.

Bentuk tindakan inilah yang termasuk kedalam melatih kita untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri.

4. Mengajarkan arti sportifitas dalam setiap kehidupan 
Jiwa sportivitas tidak hanya ada pada pertandingan olahraga saja. Dalam menjalani kehidupan ini pun kita juga harus sportif.

Sama halnya saat usaha kita mengalami kegagalan. Maka kita harus belajar menerimanya dengan ikhlas tanpa menyalahkan orang lain. Karena yang terpenting adalah sikap kita untuk memahami kegagalan tersebut dan berupaya untuk memperbaikinya.

Jadi jika hari ini usaha Anda mengalami kegagalan maka jangan dulu menyalahkan orang di sekeliling Anda. Coba tanya dan ingat kembali sejauh mana kerja keras yang sudah dilakukan .

5. Kegagalan melatih kita untuk menjadi pribadi yang tidak besarkepala dan tidak kecil hati 
Siapa sih yang tidak senang dengan kesuksesan apalagi jadi bahan pembicaraan masyarakat, bahwa usaha kita terkenal dan sukses .Pasti senang bukan ?

Lalu siapa yang tidak berkecil hati manakala usaha yang kita lakukan mengalami sebuah kebobrokan, kegagalan dan kemerosotan. Pasti ada rasa kecil hati .

Namun, saya sarankan kita senantiasa bersikap damai. Tidak besar kepala manakala berhasil atau sukses dan tidak berkecil hati ketika mengalami sebuah kegagalan.

Cukup mudah bukan menyampaikan semua itu. Akan tetapi tidak banyak orang yang mampu melakukannya.

6. Lebih menyadari bahwa semua yang terjadi di dunia ini adalah kehendak-nya
Tidak ada yang tidak mungkin oleh Tuhan. Sama juga dengan kegagalan yang Anda alami. Sudah sekian hebatnya persiapan yang kita lakukan akan tetapi tetap saja tidak membuahkan hasil.

Mengapa itu bisa terjadi?

Banyak faktor penyebabnya, dan salah satunya karena sudah kehendak Tuhan.

Apakah Anda harus menyalahkan Tuhan ?

Tidak juga. Karena apa yang direncanakan Tuhan adalah yang terbaik. Tuhan tidak memberi apa yang kita inginkan, akan tetapi Tuhan tahu apa yang kita butuhkan.

Dengan doa dan kerja keras maka kegagalan yang pernah Anda alami akan berubah menjadi sebuah keberhasilan.

Jadi kegagalan yang Anda alami bisa memberikan ketebalan rasa bakti Anda kepada Tuhan. Meskipun saya sarankan , jangan ketika gagal baru mencari Tuhan. Tetapi ketika kita sukses, kita lupa segalanya.

Jangan sekali-sekali jangan demikian. Kapan pun dan dimana pun selalu harus ingat Tuhan dan jalankan ibadah Anda sesuai dengan tuntunan ajaran agama yang anda anut.

Demikian ulasan singkat saya tentang sebuah kegagalan. Semoga dengan memandang segi positif sebuah masalah, kita menjadi lebih dewasa dalam menyikapi sebuah peristiwa. Termasuk sebuah kegagalan.

Wasalam !

Posting Komentar untuk "6 Keuntungan yang Diperoleh Dari Sebuah Kegagalan"