Blogger Jateng

Cara Sederhana Mengolah Sampah untuk Menghasilkan Uang


Berbicara masalah sampah tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan. Lihat saja perilaku kita sehari-hari, masih saja kadang kurang peduli dengan budaya membuang sampah pada tempatnya.
Biasanya kebiasaan buang sampah sembarangan sering kita jumpai di acara keramaian publik. Memang tidak selalu, akan tetapi masih saja ada kebiasaan seperti itu.

Pembelajaran sederhana bisa kita lakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya di lingkungan keluarga. Jika sudah terbiasa disini, maka kebiasaan tersebut akan berlanjut hingga di manapun kita berada.

Sampah sebenarnya bisa kita jadikan sebagai sebuah komuditi yang bisa dijual. Tentunya akan mendatangkan pendapatan bagi keluarga, meskipun kecil tapi lumayan lho..
Nah, hal sederhana inilah yang mulai saya rintis di lingkungan keluarga. Selain bisa membudayakan hidup bersih, eh ternyata sampah bisa dijual kembali.

Adanya Bank Sampah
Adanya Bank sampah di kampung saya memang memberikan suasana yang berbeda dengan yang namanya sampah .Kami sekeluarga mulai membudayakan pilah pilih sampah.
Kenapa harus memilah dan memilih sampah?

Karena tidak sembarang sampah yang bisa kami jual. Sampah non organik saja yang bisa di jual yang pembayarannya melalui tabungan yang langsung masuk ke dalam buku tabungan pada bank sampah.
Kami pun mulai membuat tempat di rumah agar bisa menampung sampah organik dan non organik .
Penampungan sampah tersebut sengaja dibuat agar pemilahan sampah berjalan dengan baik. Setiap hari kapan pun ada sampah di rumah selalu dipungut dan dimasukkan ke tong sampah.

Sampah dapur biasanya yang paling banyak menghasilkan sampah non organik. Pembungkus sayuran dan bumbu dapur yang tiap hari dibeli bisa dikumpulkan dan di bawa ke Bank sampah.
Setelah sebulan penuh sampah harian di rumah, maka kami pun membawa ke Bank sampah. Lumayan hasil yang diperoleh dari penyetoran sampah ke bank sampah.

Sampah bersih memiliki harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan sampah kotor. Tapi tidak apa dari pada sampah plastik di buang percuma mending di jadikan berkah saja bawa ke bank sampah.

Lingkungan bersih dan uang pun mengalir.

2 komentar untuk "Cara Sederhana Mengolah Sampah untuk Menghasilkan Uang"

  1. Betul sekali ... cuma masalahnya kemauan untuk semua ini nggak ada yah.. banyak orang masih terlalu malas bahkan untuk berjalan ke tempat sampah terdekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demikianlah relaita di lapangan Pak. Saya cuma bisa memulai dari keluarga saya agar terbiasa membuang sampah di tempat sampah, dan Jika tidak ada tempat sampah, maka di bawa dulu sampai ketemu tempat sampah terdekat.

      Hapus

Silakan berkomentar dan Saya Akan Berkunjung tanpa sepengetahuan atau dengan pemberitahuan