Blogger Jateng

Bubur Kalimoto Buatan Istriku Super Enak dan Bergizi

Hujan-hujanan paling enak nyari yang annnget-anget. Sama dengan yang saya lakukan saat musim hujan tiba. Makan makanan pedas dan hangat selalu menjadi hal utama.


Ada berbagai menu makanan yang bisa di pilih untuk mengurangi bahkan menghilangkan dinginnya malam. Salah satunya yang paling saya sukai adalah bubur kalimoto. 


Membuat bubur ini cukup sederhana sebenarnya. Anda cukup memasak beras sampai menjadi bubur. Agar beras yang akan dijadikan bubur dapat berlangsung dengan cepat, jangan lupa direndam terlebih dahulu. 


Rendam beras antara 15 sampai 30 menit saja. Selanjutnya beras dimasak dengan cara direbus. masukkan beras ke dalam panci kemudian tuangkan beberapa mililiter air.


Selama proses ini aduk terus hingga beras lumat menjadi seperti bubur. Jangan lupa memasukkan beberapa daun salam ke dalam adonan bubur. 

Kemudian masukkan beberapa lembar daun bayam ke dalam bubur beras tadi. Agar lesat Anda bisa menambahkan penyedap rasa hanya beberapa taburan. 


Sambil menunggu bubur matang Anda bisa membuat campuran sambalnya. Dengan bahan sambel : cabai beberapa buah, terasi yang dibakar, garam secukupnya, kemudian bahan tersebut di ulek sampai halus. 

Setelah halus, selanjutnya tinggal diperasi air jeruk nipis. Hem..... Aromanya makin gurih. 

Nah setelah bubur matang, selanjutnya tinggal disajikan saja sesuai dengan selera. Bubur dimana diatasnya di taburi,  sambel terasi dan kacang kedelai goreng. 


Bila Anda ingin agak manis, tinggal ditambahkan beberapa tetes kecap manis sesuai dengan selera. 

Demikian sajian bubur kalimoto buatan istriku. Enak dan hangat. 

Posting Komentar untuk "Bubur Kalimoto Buatan Istriku Super Enak dan Bergizi"