Blogger Jateng

Cara Mengisi Liburan di Rumah yang Menyenangkan dan Mendidik


Yang namanya hari libur tentunya sering dijadikan moment yang spesial bagi beberapa kalangan masyarakat. Terutama mereka yang tinggal di wilayah perkotaan yang kesehariannya jarang memiliki waktu untuk keluarga.

Hari libur memang paling tepat untuk mengisinya bersama keluarga. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengisi liburan. Mulai dari pergi ke tempat wisata atau ada juga yang cuma mengisi liburan dengan kegiatan di rumah saja.

Setiap keluarga punya cara tersendiri untuk mengisi liburan di rumah. Nah, berikut ini saya akan sajikan bagaimana cara mengisi liburan di rumah agar lebih menyenangkan dan tentunya mendidik.

1. Kegiatan memasak

Liburan memang identik dengan kegiatan yang bersifat menyenangkan. Nah, jika anda ingin memberikan sesuatu yang menyenangkan bagi anak, maka cobalah untuk mengajak mereka untuk melakukan aktivitas memasak.

Memang tidak semua anak suka kegiatan yang satu ini. Namun, jika anda cukup kreatif untuk memulainya maka anak pun akan tertarik.

Mengisi liburan dengan kegiatan memasak tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenagkan kepada anak, tetapi juga mampu mendidik mereka dan memberikan bekal pengalaman untuk hidup kelak.

Kita tahu bahwa memasak bukahlah tugas seorang anak perempuan saja. Sekarang ini memasak bisa dilakukan oleh semua kalangan. Disamping itu juga, hobi memasak bisa mengantarkan mereka pada masa depan yang lebih baik. Karena kemampuan memasak bisa diandalkan untuk menjadi sebuah keterampilan hidup yang menunjang perekonomian.

2. Berkebun

Akivitas liburan yang dilakukan di rumah berikutnya adalah berkebun. Anda bisa mengajak anak-anak anda untuk berkebun di sekitar pekarangan rumah. Bagi mereka yang tinggal di pedesaan dengan lahan yang cukup tentunya tidak bakalan sulit untuk melakukan aktivitas ini.

Bagi mereka yang tinggal diperkotaan bisa melakukan aktivitas ini dengan mengajak anak untuk bercocok tanam di sekitar halaman rumah. Selain menjadi kegiatan yang murah dan mengasikan secara tidak langsung anda sudah membuat lingkungan tempat tinggal anda menjadi lebih asri nan indah.

3. Nonton televisi

Kegiatan yang murah, menyenangkan dan mendidik berikutnya adalah dengan mendampingi anak anda menonoton. Tentunya tontonan yang mendidik bisa anda suguhkan kepada mereka.

Misalnya menonton tayangan film dokumenter atau bisa juga tayangan realiti show menceritakan tentang petualangan dengan alam. Kegiatan ini selain menghibur juga akan meningkatkan pengetahuan anak.


4. Bermain

Mengisi liburan di rumah bisa juga anda lakukan dengan mengajak anak untuk melakukan kegiatan bermain. Mainan yang dimainkan adalah permainan tradisional. Sekarang ini anak sudah jarang memainkan permainan tradisional.

Mereka kini sudah terhipnotis lewat permainan gadget yang kurang memberikan manfaat bagi karakter, moral, sosial dan perkembangan fisik mereka. Nah, untuk itu anda bisa mencoba mengajak anak anda untuk bermain permainan tradisional.

Mungkin untuk saat ini hanya itu yang bisa saya bagikan untuk kegiatan mengisi liburan di rumah dengan murah, menyenangkan dan mendidik. Jika anda memiliki ide lainnya lagi silahkah share di bagian komentar blog ini. Terimakasih atas kunjungannya.
Wasalam.

4 komentar untuk "Cara Mengisi Liburan di Rumah yang Menyenangkan dan Mendidik"

  1. 5. Olahraga. Nomor lima saya tambahkan olahraga boleh ga mas?, kita pilih olahraga yang menyenangkan sesuai dengan hobi anak-anak, misalnya bulutangkis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terimakasih mas, benar sekali Olah raga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan banyak manfaatnya.

      Hapus
    2. Ya mas Riyan. Sebetulnya masih ada cara nomor 6, 7, dan seterusnya, namun biar teman yang lain yang menambahkannya.he he. Salam sukses

      Hapus
    3. Terimakasih mas, dan terimakasih atas kunjungannya.:)

      Hapus

Silakan berkomentar dan Saya Akan Berkunjung tanpa sepengetahuan atau dengan pemberitahuan